Bugisan, Kampung Blangkon di Jogja


Apakah kamu tau Blangkon? Yaap..Blangkon adalah salah satu pelengkap busana Jawa yang mutlak harus ada. Blangkon terbuat dari kain yang bermotif batik. Kalau baru jalan-jalan dan menemukan orang yang memakai Blangkon, boleh dipastikan itu adalah wisatawan yang sedang berkunjung ke Jogja, atau mungkin pemain FTV. 

Foto: http://toko-malioboro.blogspot.com
Di Jogja, Blangkon sering kita jumpai di sepanjang jalan Malioboro atau di Pasar Bringharjo. Di kawasan itu banyak sekali yang menjual Blangkon jadi, kita tinggal pakai saja. Tapi apakah kamu tahu dimana Blangkon ini dibuat?

Tempat pembuatan Blangkon ada di Kampung Bugisan RT 32 RW 06 Wirobrajan. Tidak ada tanda atau penunjuk jalan ke kampung ini, namun jika kita bertanya pada tukang becak pasti tahu. 

Foto: http://toko-malioboro.blogspot.com
Di kampung ini dahulu hampir semuanya berprofesi sebagai pembuat Blangkon. Aktifitas di sudah dimulai sejak tahun 1974 dan hasilnya dijual di Pasar Bringharjo atau Malioboro Jogja. 

Kalau sekarang hanya tersisa 8 rumah yang memproduksi Blangkon. Bukan karena tidak ada regenerasi, tapi lebih kepada menyebarnya anak cucu ke berbagai daerah seperti Gunungkidul, Kulonprogo, Bantul, dan daerah-daerah lainnya. 

Salah satu yang masih bertahan adalah Parjiman (58), spesialis pembuat Blangkon jahit. Menurutnya Blangkon jahit lebih awet bila dibandingkan dengan Blangkon lem. Pengerjaannya lumayan lama, sekitar 3 jam untuk satu Blangkonnya. Dalam sehari Parjiman hanya mampu memproduksi 3 Blangkon saja. 

Selain Parjiman, ada juga Santi (57) yang membuat Blangkon sejak 1975. Berbeda dengan Parjiman, Blangkon milik Santi dibuat menggunakan lem yang ditambahi jahitan dan dibuat dengan skala yang lebih besar. 

Naaah, kalau kamu pas jalan-jalan ke Jogja, jangan lupa ya mampir ke Kampung Blangkon ini. Di sini kita bisa melihat langsung proses pembuatan Blangkon, belajar membuat Blangkon, atau hanya sekedar berbelanja Bangkon.