PROMO LIBURAN MURAH JOGJA

Spesial untuk kamu, PROMO LIBURAN MURAH di Jogja. Dengan paket promo ini kamu dan teman-teman bisa mengeksplorasi keindahan yang tersembunyi dibalik keindahan Kota Jogja. 

PROMO LIBURAN MURAH untuk 3 Hari 2 Malam yang penuh petualangan di Jogja. Hanya dengan Rp 600.000,-/orang saja, kamu sudah bisa puas menikmati keindahan alam di pelosok Jogja dan keramah-tamahan masyarakat Jogja. 

PROMO LIBURAN MURAH berlaku untuk rombongan dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang dan kelipatannya. 

Tujuan Wisata:
GOA CERME - CAVE TUBING GOA PINDUL - RIVER TUBING KALI OYA - GUNUNG API PURBA - AIR TERJUN SRIGETHUK - PANTAI NGOBARAN - PANTAI INDRAYANTI

Include:
Bus - Homestay - Makan - Tiket Wisata - Pemandu - Spanduk Perjalanan
*Lebih dari 60 orang ada hiburan karaoke organ tunggal free

Pemesanan ditunggu 30 hari sebelum tanggal pemberangkatan.

PROMO LIBURAN MURAH ini berlaku untuk bulan MARET dan APRIL 2013. Cocok untuk komunitas, mahasiswa, kantor dan sekolah. Jadi, manfaatkan sebaik-baiknya untuk kamu dan teman-temanmu.

Pemesanan:
0812.2999.4223
Pin BB: 31412FCC
e_mail: jogjawisata99@gmail.com


Parangtritis, pantai dengan sejuta mitos Jawa....

Saat kamu berwisata ke Jogjakarta, rasa-rasanya tidak akan terasa lengkap jika kamu belum mengunjungi sebuah pantai yang telah menjadi legenda di Jogja. Pertanyannya, pantai manakah itu? yupz..jawabannya dalah Pantai Parangtritis atau biasa orang bilang Paris.




Pantai Parangtritis terletak di sisi selatan Jogja, tepatnya di Kabupaten Bantul. Pantai ini bersebelahan dengan beberapa pantai lain seperti Pantai parangkusumo, Pantai Depok, dan Pantai Parangendog. 

Pantai ini memiliki garis pantai yang paling panjang diantara pantai-pantai lainnya, tak heran jika liburan tiba, banyaknya bus wisata yang masuk tidak bakal mengabiskan lahan parkir yang disediakan. Selain memiliki garis pantai yang panjang, pantai ini juga terkenal dengan gunung pasirnya. Deretan gurun pasir yang menjulang tinggi dan luas menyerupai gurun pasir di Arab Saudi. Fenomena gurun pasir seperti ini hanya ada dua di dunia, salah satunya ada di Meksiko.

Yang tak kalah menarik dari pantai ini adalah cerita mistisnya. Menurut kepercayaan sebagian besar masyarakat Jogja, Parangtritis merupakan Istana bagi Ratu Pantai Selatan atau yang biasa disebut dengan Nyi Roro Kidul. Untuk itulah di pantai ini sering dilakukan labuhan atau sedekah laut untuk menghormati si Penguasa Pantai Selatan Tersebut. Ada juga mitos yang menyebutkan bahwa saat berkunjung ke pantai ini tidak boleh mengenakan pakaina berwarna hijau.

Jadi, saat kamu bingung memilih tempat untuk berwisata di Jogja, tidak usah bingung, langsung saja menuju Pantai Parangtritis. Akses menuju pantai ini juga mudah, tinggal naik bus dengan jurusan Jogja - Parangtritis saja, pasti sampai. 

Di parangtritis kamu bisa bermain-main air, namun dengan kewaspadaan penuh, bisa main ATV, bisa naik delman menyusuri pantai, naik kuda sendirian, atau bermain Paralayang. Tarif menggunakan jasa delman, kuda atau ATV pun tidak terlalu mahal, cukup dengan dua puluh ribu saja, kamu sudah bisa menyusuri Pantai Parangtritis dan mengukir kenangan indah di Jogja.

Bagi kamu yang menginginkan paket wisata dengan objek Pantai Parangtritis, bisa menghubungi Jogja Wisata. Jogja Wisata mempunyai tawaran menarik untuk paket tour di Jogja. Segera hubungi kami untuk reservasi, sebelum fullbook. Karena bagi kami, kenyamanan dan kepuasan adalah hal yang utama. (Fajar)


Borobudur : Sebuah Candi Epik Salah Satu Keajaiban Dunia


Candi Budha terbesar di dunia yang merupakan salah satu karya " Master Piece" di antara Tujuh Keajaiban Dunia terletak di Desa Borobudur Kecamatan Borobudur +3 km dari Kota Mungkid. Borobudur dibangun oleh Raja Samaratungga, salah satu raja kerajaan Mataram Kuno, keturunan Wangsa Syailendra. Berdasarkan prasasti Kayumwungan, seorang Indonesia bernama Hudaya Kandahjaya mengungkapkan bahwa Borobudur adalah sebuah tempat ibadah yang selesai dibangun 26 Mei 824, hampir seratus tahun sejak masa awal dibangun.

Nama Borobudur sendiri menurut beberapa orang berarti sebuah gunung yang berteras-teras (budhara), sementara beberapa yang lain mengatakan Borobudur berarti biara yang terletak di tempat tinggi.

Bangunan Borobudur berbentuk punden berundak terdiri dari 10 tingkat. Tingginya 42 meter sebelum direnovasi dan 34,5 meter setelah direnovasi karena tingkat paling bawah digunakan sebagai penahan. Enam tingkat paling bawah berbentuk bujur sangkar dan tiga tingkat di atasnya berbentuk lingkaran dan satu tingkat tertinggi yang berupa stupa Budha yang menghadap ke arah barat.

Setiap tingkatan melambangkan tahapan kehidupan manusia. Sesuai mahzab Budha Mahayana, setiap orang yang ingin mencapai tingkat sebagai Budha mesti melalui setiap tingkatan kehidupan tersebut. Bagian dasar Borobudur, disebut Kamadhatu, melambangkan manusia yang masih terikat nafsu. Empat tingkat di atasnya disebut Rupadhatu melambangkan manusia yang telah dapat membebaskan diri dari nafsu namun masih terikat rupa dan bentuk. Pada tingkat tersebut, patung Budha diletakkan terbuka. Sementara, tiga tingkat di atasnya dimana Budha diletakkan di dalam stupa yang berlubang-lubang disebut Arupadhatu, melambangkan manusia yang telah terbebas dari nafsu, rupa, dan bentuk. Bagian paling atas yang disebut Arupa melambangkan nirwana, tempat Budha bersemayam


Candi Mendut

Merupakan tempat suci umat Budha disamping Candi Borobudur. Lokasi Candi Mendut berjarak 4 km berdekatan dengan Wihara Agama Budha. Candi memiliki atap yang berbentuk Limas dan didalamnya terdapat patung Budha yang diapit oleh dua arca.

Candi Pawon

Candi Pawon terletak di desa Brojonalan Kecamatan Borobudur bangunan Candi Budha yang disebut dalam prasasti Karang Tengah 824 M. merupakan tempat untuk menyimpan senjata Raja Indera yang bernama Vajranala. Candi ini terbuat dari batu gunung berapi. Ditinjau dari seni bangunannya merupakan gabungan seni bangunan Hindu Jawa kuno dan India. Candi Pawon terletak tepat di sumbu garis yang menghubungkan Candi Borobudur dan Candi Mendut.

Selain letaknya, kemiripan motif pahatan di ketiga candi tersebut juga mendasari adanya keterkaitan di antara ketiganya. Poerbatjaraka, bahkan berpendapat bahwa candi Pawon merupakan upa angga (bagian dari) Candi Borobudur



GUNUNG API PURBA NGLANGGERAN



Aktifitas tracking atau pendakian selalu menjadi tantangan yang tak pernah terpuaskan bagi pecinta wisata alam. Bagi pecinta tracking, keindahan alam khas suguhan puncak gunung selalu menjadi mimpi indah. Akan tetapi, jarang orang yang bisa memuaskan hasratnya tersebut mengingat aktifitas trakcing membutuhkan banyak persiapan, peralatan, dan waktu. Sementara kita memeiliki keterbatasan dalam hal tersebut. Namun anda patut bergembira, karena rumus diatas tidak berlaku di Gunung Api Purba Nglanggeran, Jogja. Gunung api purba yang pernah aktif puluhan juta tahun yang lalu itu.


Gunung nglanggeran ini, adalah sisa gunung purba yang berada di kawasan Pathuk, Gunungkidul, Jogja, yakni sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota. Jika anda adalah orang yang bermimpi melakkukan tracking namun terbatas peralatan, waktu, gunung Nglanggeran merupakan tempat yang pas. Hanya memakan waktu 3 hingga 4 jam pendakian untuk tiba di puncak timur Gunung Nglanggeran. Dan sesampainya di puncak ini, pemandangan khas ala puncak pun telah dapat anda nikmati. Sejauh mata memandang yang terlihat hamparan awan di ketinggian, jajaran gunung batu dengan bentuk yang unik, perkampungan warga, serta hijaunya sawah dan ladang. Dan ketika senja datang, Kota Jogja akan terlihat laksana lautan kunang-kunang. Taburan cahaya bintang dan gemerlap lampu kota yang terlihat dari kejauhan menjadi pemandangan romantis bagi siapa saja yang berkemah di gunung ini.



Terletak di kawasan karst Baturagung, gunung yang litologinya tersusun oleh fragmen material vulkanik tua ini memiliki dua puncak yakni puncak barat dan puncak timur, serta sebuah kaldera ditengahnya. Saat ini Gunung Nglanggeran berupa deretan gunung batu raksasa dengan pemandangan eksotik serta bentuk dan nama yang unik dengan beragam cerita rakyat sebagai pengiringnya. Gunung-gunung tersebut biasanya dinamakan sesuai dengan bentuknya, seperti Gunung 5 Jari, Gunung Kelir, dan Gunung Wayang.


Disamping itu, keunikan lain yang dapat anda temui di Gunung ini adalah adanya sebuah Dusun di puncak gunung yang hanya boleh ditinggali oleh tujuh kepala keluarga. Mbah Redjodimulyo, demikian nama sesepuh  dusun Tlogo Mardidho yang tinggal di Pucak Nglanggeran itu, menuturkan bahwa di Puncak Nglanggeran hanya boleh dihuni oleh 7 kepala keluarga. Jika kepala keluarga yang tinggal di dusun ini kurang atau lebih maka akan terjadi hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Hal ini bisa dilihat dengan keberadaan makam di Puncak Nglanggeran. Oleh karena itu, jika anak-anak mereka sudah berkeluarga maka keluarga baru tersebut harus meninggalkan Dusun Tlogo Mardhido. Demikianlah Gunung Nglanggeran yang kaya akan keindahan dan cerita.

Jika anda berminat untuk melakukan aktifitas tracking atau hanya sekedar camping bersama teman-teman anda di puncak gunung ini, anda bias melakukan reservasi melalui Jogja Wisata selaku penyedia jasa wisata berbasis alam di Jogja. 










Paket Special Live In Kampung Dome – Jogja [3H2M]





Paket homestay ini merupakan paket berlibur di Jogja selama 3 hari 2 malam di wilayah Kampung Dome -sebuah perkampungan unik dengan bentuk rumah setengah lingkaran, yang hanya ada di Jogja- di Kecamatan Prambanan, Jogja. Dari sebuah perkampungan yang unik ini nantinya kita akan mulai untuk menjelajahi berbagai pesona eksotisme wisata alam yang ada di Jogja. Bukan soal keterkenalan sebuah objek wisata yang menjadi tolak ukur kami, tetapi adalah bagaimana dengan berwisata kita juga dapat memutar roda perekonomian di kawasan pelosok Jogja. 


Kampung Dome di Jogja


Tujuan Wisata:

1. Kampung Dome
2. Cave Tubing Kalisuci
3. Pantai Sepanjang
3. Gunung Api Purba
5. Goa Cermai
6. Alun-alun Kidul
7. Air Terjun Srigethuk
8. Malioboro
9. Pusat Oleh-oleh


Biaya:

Rp 700.000,-/orang | Kapasitas 7 orang



Sensasi Bertualang di Kalisuci Jogja
Fasilitas:

1. Akomodasi
2. Homestay Rumah Dome
3. Tiket Wisata
4. Makan besar 7x
5. Softdrink
6. Pemandu



Menuju Air Terjun Sri Gethuk Jogja
Rundown Acara

Hari-1
Hari pertama setelah menjemput anda di tempat kedatangan, kami akan langsung mengajak anda menuju ke AIR TERJUN SRI GETHUK yang terletak di Kab. Gunungkidul. Banyak orang yang menyebutnya sebagai 'Green Canyon' ala Jogja. Setelah dari Srigethuk, kita akan menuju Imogiri untuk menjelajahi pesona bebatuan indah dan eksotik yang ada di GOA CERMAI. Kami jamin anda akan terpesona dengan keindahan di dalam perut bumi tesebut. Menjelang malam kita akan menuju penginapan di KAMPUNG DOME, sebuah kampung unik yang seluruh rumahnya berbentuk setengah lingkaran layaknya rumah Suku Eskimo di kutub utara. Setelah makan malam, anda akan kami ajak untuk berkeliling Kota Jogja di malam hari dan menikmati suasana indah di ALKID Jogja. Ditempat ini terkenal dengan mitos 'MASANGIN' yaitu berjalan menuju tengah-tengah beringin kembar yang ada di tengah alun-alun dengan mata tertutup. Selain itu juga banyak sekali disewakan becak hias dengan berbagai macam bentuk dan hiasan serta kilauan lampu-lampu indahnya. 

Hari-2

Dihari kedua ini setelah breakfast, kita akan menuju PANTAI SEPANJANG, sebuah pantai pasir putih di pesisir selatan Kab. Gunungkidul yang masih alami dengan view yang menawan. Siang harinya kita melanjutkan perjalanan ke KALISUCI, sebuah sungai bawah tanah yang dimiliki Indonesia. Anda akan dibuat terpesona dengan sensasi perpaduan tracking-caving-cave tubing di dalam perut bumi yang begitu gelap. Petualangan di hari kedua ini bakal kita tutup dengan tracking ke PUNCAK GUNUNG API PURBA dengan medan yang cukup menantang, untuk menikmati 'SUNSET' yang begitu indah jika moment-nya pas. Dari puncak ini anda dapat melihat keindahan lampu-lampu Kota Jogja pada malam hari dan merasakan kencangnya hembusan angin pegunungan.

Hari-3
Hari terakhir setelah breakfast kami mengajak anda untuk menjelajahi KAMPUNG DOME, melihat berbagai aktifitas warga secara langsung dan merasakan sejuknya udara pedesaan serta menikmati keramahan warga kampung ini. Jika anda berminat, kami bisa mengajak anda berkeliling menggunakan sepeda. Selepas check-out dari Kampung Dome, kita akan menuju pusat oleh-oleh untuk berbelanja jajanan atau souvenir khas dari Jogja. Dan kami jamin anda akan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan selama anda melakukan perjalanan dengan kami. Keramahan masyarakat Jogja sepenuhnya akan anda temukan dalam trip ini. Dan akhirnya Selamat Jalan kami ucapkan kepada anda dan sampai jumpa pada perjalanan berikutnya bersama kami, Jogja Wisata.


Catatan:

- Jadwal bisa berubah menyesuaikan kondisi lapangan atau permintaan

- Kondisi cuaca yang kurang mendukung di luar tanggung jawab Jogja Wisata

- Objek wisata bisa dirubah sesuai permintaan selama masih dalam batas anggaran




Reservasi:

Jogja Wisata
HP. [0812-2999-4223]
Twitter: @jogjawisata
jogjawisata99@gmail.com




Explore The Hidden Paradise in Jogja [6-8 April 2012]



‘Explore The Hidden Paradise in Jogja’ merupakan sebuah perjalanan wisata yang diselenggarakan oleh Jogja Wisata pada 6-8 April 2012. Perjalanan wisata yang bertujuan untuk menguak berbagai tempat-tempat eksotik alami yang ada di pelosok Jogja. Tempat-tempat yang selama ini masih jarang di sentuh oleh wisatawan luar Jogja.
Kegiatan wisata ini kami selenggarakan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap dunia pariwisata di Indonesia, khusunya Jogja, yang seakan diabaikan oleh warganya. Dengan adanya ‘Explore The Hidden Paradise in Jogja’ ini kami berharap timbul kesadaran wisata dan kebanggaan tersendiri atas tempat-tempat eksotik alami yang dimiliki Indonesia yang sebenarnya jauh lebih indah bila dibandingkan dengan kepunyaan Negara-negara lain.
Dengan berwisata kita juga bisa memutar roda perekonomian, yang artinya turut membantu saudara-saudara kita yang mengelola tempat-tempat wisata di pelosok desa di Jogja. Perjalanan wisata yang diniatkan pada rasa kepedulian sosial dan mensyukuri ciptaan Tuhan, akan membuat hidup kita bermanfaat terhahap sesama dan membuat kita merasa tenang.

-Mari Kita Mengenali dan Mencintai Negeri Kita-


Destinasi wisata yang akan dikunjungi dalam trip kali ini meliputi: 
Kampung Dome - Puncak Gn. Api Purba Nglanggeran - Pantai Ngobaran - Pantai Nguyahan - Kebun Buah Mangunan - Air Terjun Sri Gethuk - Goa Pindhul - Kawasan Malioboro



Fasilitas peserta tour:
-Antar-jemput peserta ke terminal-stasiun-bandara
-Home Stay di Kampung Dome
-Transportasi selama acara
-Makan besar 5x
-Tiket masuk objek wisata
-Pemandu
-Perlengkapan jelajah
-Dokumentasi
-DLL


Biaya Pendaftaran sebesar Rp 500.000,- 
Cukup Rp 350.000,-

Cara Daftar, kirim SMS dengan format sebagai berikut:

HIDDEN_NAMA_KOTA ASAL_E-MAIL

ke 0856 4331 9523

Syarat Pendaftaran Peserta Klik Disini

Pendaftaran ditunggu sampai 
2 April 2012 pukul 15.00 WIB

Uang pendaftaran bisa di transfer ke: 
-BNI-
an. Dra. Atik Parmini
No. Rekening 017 2434 113

-Bank Syari'ah Mandiri-
an. Muh. Fajar Mulyono
No. Rekening 167 7045 293





Rundown ‘Explore The Hidden Paradise in Jogja’

Jum’at, 6 April 2012
12.00 – 15.00 | Penjemputan peserta ke tempat penginapan (kampung Dome) 
15.30 – 19.00 | Tracking ke Puncak Gunung Api Purba Nglanggeran
19.00 – 20.00 | Makan malam – Istirahat sejenak di penginapan
20.00 – 23.00 | Jalan-jalan malam di Alun-alun selatan Jogja
23.00 – 05.00 | Istirahat malam di penginapan

Sabtu, 7 April 2012
07.00 – 08.00 | Sarapan – Perjalanan menuju Kebun Buah Mangunan, Bantul
08.00 – 10.00 | Menjelajahi Kebun Buah Mangunan
10.00 – 11.30 | Makan siang – Perjalanan menuju Pantai Ngobaran, GK 
11.30 – 14.00 | Menjelajahi keindahan Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan
14.00 – 15.00 | Perjalanan menuju Air Terjun Sri Gethuk, GK
15.00 – 17.30 | Menjelajahi Air Terjun Sri Gethuk
17.30 – 19.00 | Perjalanan pulang ke penginapan
19.00 – 20.00 | Makan malam – Istirahat sejenak
20.00 – 22.00 | Jalan-jalan malam di Malioboro, Jogja
22.00 – 05.00 | Pulang, istirahat malam

Minggu, 8 April 2012
07.00 – 08.00 | Sarapan –  Perjalanan menuju Desa Wisata Gelaran
08.00 – 11.00 | Cave Tubing di Goa Pindul dan Rafting di Kali Oyo
11.00 – 12.00 | Perjalanan menuju penginapan
12.00 – 14.00 | Makan siang – Kemas-kemas – Menuju stasiun, terminal, bandara

Catatan: 
- Hak makan besar peserta sebanyak 5x 
- Acara dapat berubah sewaktu-waktu menyesuaikan kondisi lapangan
- Kondisi cuaca yang kurang mendukung diluar tanggungjawab Jogja Wisata 






Informasi: 
HP. [0812 2999 4223]
Twitter: @jogjawisata
E-mail: jogjawisata99@gmail.com

Galeri Foto

pemandangan dari puncak kebun buah Mangunan

pemandangan hijau luar biasa dari puncak kebun buah Mangunan

birunya langit di kebun buah Mangunan


menyusuri bawah tanah Gua Pindul

jalan-jalan di gua bawah tanah Pindul


rute pintu gerbang menuju air terjun Sri Gethuk

di bawah air terjun Sri Gethuk


naik ke air terjun Sri Gethuk

rumah dome atau biasa disebut rumah teletubies

menikmati senja di gunung api Nglanggeran

PETUALANGAN EKSTRIM GOA SIOYOT

Saat anda tiba di Jogja dan sangat ingin menikmati serunya wisata jelajah, salah satu wahana yang ada di Dusun Gelaran, Desa Bejiharjo, Gunung Kidul ini mungkin akan menjawab tantangan anda. Di desa yang terletak di utara Kota Wonosari ini ternyata menyimpan sejuta potensi wisata alam yang tiada nilainya, salah satunya Petualangan Ekstrim Goa Sioyot. 


Goa Sioyot merupakan goa yang masih alami dan masih banyak stalagmit dan stalagtit yang masih aktif, bahkan hingga ribuan jumlahnya. Goa ini dialiri air walaupun tidak dalam, paling dalam hanya setinggi dada orang dewasa. 


Untuk mulai menyusuri goa ini haruslah dengan jalan kaki dari sekretariat menuju lokasi goa. Sesampainya dilokasi, anda akan dipandu untuk masuk ke dalam goa. Memasuki goa ini mula-mula harus dengan merangkak terlebih dahulu karena pintu masuknya lumayan sempit dan rendah, jadi tidak bisa dengan berdiri, namun inilah salah satu tantangannya yang akan membuat anda berpikir dua kali sebelum masuk ke dalam.


Setelah anda masuk, anda akan mendapati permukaan goa yang sebagian berair dan sebagian lagi kering karena perbedaan tinggi permukaan goa. Selain tantangan posisi jalan yang terkadang harus merangkak, membungkuk, dan berdiri, kita juga ditantang untuk masuk ke dalam air dan melewatinya, lumayan untuk membasahi baju sampai ke dada. 


Namun ketika anda sudah berada di dalam goa, anda akan merasakan sensasi yang luar biasa. Anda akan menemukan betapa indahnya pemandangan di dalam perut bumi yang dipenuhi oleh ribuan stalagmit dan stalagtit aktif, yaitu; puting, jantan, tirai, soko guru, dan yang paling menakjubkan adalah anda akan mendengar suara gemuruh air terjun yang deras namun anda tidak akan dapat menemukan dimana air terjunnya. Horor bukan? 


Setelah anda berjalan sejauh 900 meter yang penuh tantangan dan menegangkan, anda akan diberi sedikit waktu untuk istirahat dan mungkin dapat anda gunakan untuk foto-foto bersama teman-teman.


Lanjut ke perjalanan berikutnya yaitu sejauh 500 meter, anda akan menemukan ruang yang cukup luas yang juga dipenuhi oleh ribuan stalagtit yang indah. Medan yang dilewati tidak terlalu berbeda dengan medan sebelumnya, hanya saja di bagian ini terdapat ruang yang cukup luas. 


Saat anda terhanyut dalam asyiknya menjelajah Goa Sioyot, tanpa sadar anda sudah berada di pintu keluar goa. Dan mungkin saja didalam hati anda akan berkata "Wow..keren sekali, tp kok cuma sebentar.."


Jadi tunggu apa lagi? Rencakan liburan anda ke Jogja sekarang juga!


Bagi anda yang ingin menikmati Petualangan Ekstrim Goa Sioyot, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun jasa tour agency yang ada di Kota Jogja karena belum ada akses kendaraan umum yang sampai ke tempat ini. Selain itu medan yang dilewati juga tergolong sulit. 






Untuk reservasi, hubungi:
0812 2999 4223
jogjawisata99@gmail.com

CAVE TUBING KALI SUCI

Yogyakarta menyimpan jutaan potensi wisata yang jarang ditemui di tempat lain. Di kota ini jenis wisata apapun dapat ditemui. Dari wisata budaya, pendidikan, sejarah, kuliner, bahkan petualangan, menjadi objek wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah objek wisata Kalisuci.

Kalisuci merupakan objek wisata sungai bawah tanah yang mengalir melewati gua-gua. Objek wiisata ini menawarkan petualangan body rafting dan caving (susur gua) sekaligus, atau lebih dikenal dengan istilah cave tubing.

Bagi yang hobi berpetualang, objek ini tentu sangat sayang dilewatkan. Karena aktivitas cave tubing ini, hanya dapat dilakukan di Mexico, New Zealand, dan terakhir Gunungkidul Yogyakarta, Indonesia.

Perjalanan menuju Kalisuci hanya dapat dilakukan dengan kendaraan peribadi maksimal roda empat. Akses jalan yang masih minim, membuat kita sulit untuk menjangkaunya. Jadi lebih baik kita menghubungi biro wisata khusus di Yogyakarta untuk lebih mudah dan ekonomis.

Memasuki area Kalisuci, kita akan disambut panorama alam yang masih asli. Untuk mencapai mulut gua, kita harus menuruni tebing terjal sedalam 30-40 m dengan menyusuri jalan setapak.
Aliran sungai yang berkelak-kelok akan terlihat dari ketinggian tebing. Airnya yang biru kehijauan terlihat kontras dengan warna coklat tanah, tebing karst, serta daun-daun dan pepohonan sehingga menciptakan harmoni lukisan alam yang mempesona. Dan setelah mengenakan alat pengaman yang telah disediakan pengelola wisata, pengarungan sungai bawah tanah pun dimulai.

Sepanjang penyusuran sungai, dibeberapa titik kita akan menemui bebatuan maupun jeram yang ekstrim dan sulit dilewati. Sesekali kita terpaksa harus keluar dari sungai dan berjalan kaki sambil mengusung ban pelampung. Dan sampainya di mulut gua, petualangan sesungguhnya pun dimulai.

Sinar matahari menghilang dan berganti dengan suasana remang bahkan gelap. Satu-satunya pencahayaan dalam gua hanya berasal dari headlamp. Stalaktit yang terlihat di atap gua terus meneteskan air, beberapa diantaranya merupakan batu kristal. Kelelawar-kelelawar nampak bergelantungan di langit-langit gua, ikan besar berenang di bawah kaki, dan stalagmit bergelantungan di langit-langit gua. Pemandangan serupa pun sambung-menyambung hingga kita sampai di ujung gua.

Jika anda berminat untuk merasakan sensasi petualangan Cave Tubing Kalisuci ini, anda dapat menggunakan jasa penyedia transportasi atau tour agency dan reservasi beberapa hari sebelumnya untuk memastikan kondisi air, mengingat jika air sedang deras, anda tidak akan diijinkan mengarungi indahnya menyusuri Kalisuci.


AIR TERJUN SRI GETHUK


Saat anda berada di Jogja, tentunya akan sangat disayangkan apabila anda tidak menyempatkan diri untuk mengunjungi wisata alam di Gunung Kidul. Mungkin bukan suatu nama yang sering kita dengar di telinga kita. Namun memang pada kenyataannya di kabupaten ini banyak sekali tempat-tempat eksotis yang masih alami yang dapat kita temukan. Diantara tempat-tempat wisata yang (kalau boleh dibilang) masih 'perawan' itu adalah Air Terjun Sri Gethuk, Sungai Oyo, Kali Suci, Goa Pindul, Goa Jomblang, Goa Rancang Kencono, Pantai Ngobaran, Pantai Nguyahan, Pantai Indrayanti, Pantai Siung, dan beberapa tempat lain yang jumlahnya puluhan.



Air Terjun Sri Gethuk merupakan bagian dari aliran Sungai Oyo yang berada di Kecamatan Playen, Gn.Kidul. Mata air kecil yang muncul dari Goa Rancang Kencono ini mengalir deras ke Sungai Oyo, sungai yang membelah perbukitan sehingga di kanan-kiri sungai yang tampak hanya tebing-tebing tinggi. Suburnya tumbuhan yang ada di sekitar sungai ini seakan makin mengukuhkan kalau Air Terjun Sri Gethuk itu Grand Canyon-nya Gunung Kidul.

Di Sri Gethuk, anda bersama teman-teman akan bisa merasakan sensasi yang berbeda ketika tepat berada di bawah air terjun. Derasnya air yang jatuh ke bawah disertai besarnya bongkahan batu-batuan besar seakan membius anda dalam nuansa alam dan membawa anda sejenak melupakan permasalahan dari tempat anda bekerja. Sedikit turun ke bawah, anda akan disuguhi indahnya batuan karst berlapis yang dialiri air dari atas. Batuan  inilah yang sangat elok dipandang, karena merupakan batuan karst yang berlapis-lapis sehingga terkesan sudah ada sejak zaman purba.

Bagi anda yang ingin bermain air ataupun berenang di Sri Gethuk, pengelola sudah menyiapkan jaket pelampung dan ban sebagai alat pengaman bagi pengunjung. Dengan peralatan itu, anda sudah bisa bermain di air dengan kedalaman sampai dengan 5 meter sepuasnya. Namun yang perlu diwaspadai adalah jika arusnya sedang deras, sebaiknya jangan berenang.

Bagi anda yang tertarik untuk menikmati indahnya objek wisata Sri Gethuk, anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau bagi pengunjung dari luar Jogja dapat menggunakan jasa transportasi dari jogjawisata. Objek wisata ini letaknya lumayan jauh masuk ke dalam perkampungan, sekitar 7 km dari jalan raya. Namun anda tidak perlu khawatir, karena penunjuk arah telah tersedia di sepanjang jalan menuju air terjun ini. 

Setelah sampai ditepian sungai, anda dapat menggunakan jasa pengelola untuk mengantarkan anda ke air terjun dengan menggunakan rakit. Tidak lebih dari 10 menit anda akan sampai di Grand Canyon Gunung Kidul alias Air Terjun Sri Gethuk Jogja. Soal kembali anda tidak perlu khawatir, karena jasa rakit sudah termasuk antar-jemput ke tempat semula. (Fajar Mulyana)









TOP 10 PANTAI DI JOGJA

Jogja merupakan surganya para wisatawan. Puluhan objek wisata ada di Jogja, mulai dari museum, keraton, tempat belanja, pegunungan, sungai bawah tanah, arena bermain, desa-desa wisata, sampai pantai-pantai yang tersebar di seluruh pesisir selatan Jogja. 

Berbicara mengenai pantai-pantai yang ada di Jogja, tim Jogja Wisata mau kasih info ke kamu nih mengenai pantai yang recomended di Jogja. Dari sekian banyak pantai yang ada, hanya kami saring 10 pantai saja, agar tidak bingung nanti milihnya. Simak yaa...

1. Pantai Parangtritis
Pantai yang paling terkenal di Jogja adalah Pantai Parangtritis, selain karena mitos Nyi Roro Kidul, jarak tempuhnya juga yang paling dekat dari Kota Jogja. Luasnya pantai ini menjadi alternatif buat para wisatawan dalam jumlah banyak untuk berkunjung. 
Pasirnya yang coklat dan lembut, membuat tipe pasir di pantai ini cocok untuk pemotretan. Tak heran jika setiap hari libur tiba, pantai terasa penuh bagai lautan manusia. Berbagai aktifitas pun dilakukan di pantai ini, bermain-main air, bermain pasir, bermain layan-layang, olah raga paralayang, berkuda, hingga bermain-main dengan ATV. 


2. Pantai Depok
Pantai Depok masih satu kecamatan dengan Parangtritis, berjarak sekitar 20 menit perjalanan. Yang paling menonjol dari Pantai Depok adalah sajian kulinernya. Kuliner Sea Food di pantai ini sangat 'Mak Nyuuzz' kata orang. Banyaknya nelayan yang ada di pantai ini, membuat stok ikan dijamin selalu segar. Bahkan nelayan yang baru menepi pun, bisa kamu tawar ikannya. Setelah ikan didapat, bawa saja ke warung makan dan minta di masak sesuai dengan selera kamu. Tunggu saja beberapa menit, sajian sea food special akan terhidang di depanmu. Hanya di Pantai Depok. 






3. Pantai Baron
Pantai Baron merupakan pantai yang terkenal di Gunungkidul, salah satu kabupaten di Jogja. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih dan perbukitan yang menjulang tinggi. Pantai juga tergolong luas untuk wisatawan yang berjumlah banyak. Soal kuliner, tak perlu ragu. Di Pantai Baron juga banyak terdapat kuliner laut, karena di pantai juga banyak nelayan.





4. Pantai Indrayanti
Pantai terkenal kedua di Gunungkidul setelah Baron. Jarak pantai ini sekitar 30 menit dari Pantai Baron. Suasana di pantai ini berbeda dengan tiga pantai sebelumnya. Pantai Indrayanti terkesan lebih eksklusif. Pasirnya putih bersih dan banyak restoran-restoran semi kafe yang ada di bibir pantai. Hotel-hotel yang ada di pantai ini pun relatif berkelas bila dibandingkan dengan yang lain. 



5. Pantai Sundak
Pantai Sundak bersebelahan dengan Indrayanti. Suasana di Pantai ini hampir sama dengan Indrayanti. Pasir putih, penginapan-penginapan, serta kafe-kafe yang ada membuat suasana di pantai ini menjadi hidup dikalan malam tiba. 




6. Pantai Kukup
Pantai Kukup letaknya bersebelahan dengan Pantai Baron, hanya terpisah oleh bukit yang tinggi. Pantai Kukup terbilang masih bersih. Pasir putih dan hiasan karang-karang lautnya menjadikan pantai ini memiliki keunikan tersendiri. Adanya pulau yang dihubungkan jembatan semakin manambah kecantikan pesona Pantai Kukup. 






7. Pantai Ngobaran
Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Gunungkidul. Pantai ini terletak di Gunungkidul sebelah barat. Sempitnya jalan menuju ke pantai ini, membuat pantai Ngobaran masih tampat 'perawan' dimata pengunjungnya. Hal itu karenan yang bisa masuk ke pantai ini hanya mobil-mobil pribadi dan elf saja, sehingga bisa dikatakan pengunjungnya masih sedikit. Satu yang menonjol dari pantai ini adalah adanya Pura yang menyerupai pantai-pantai di Bali. Sehingga banyak orang bilang, Ngobaran adalah 'Bali'-nya Jogja.


8. Pantai Poktunggal
Pantai selanjutnya adalah Pantai Poktunggal. Letaknya disebelah timur Indrayanti. Akses masuk ke pantai yang masih sulit dan terjal, membuat pantai ini masih benar-benar 'perawan' dan bersih. Namun begitu, di tepi pantai sudah tersedia fasilitas seperti toilet, tempat parkir, hingga warung yang menjual makanan dan minuman dari penduduk sekitar. Buat kamu yang mau ke Pantai Poktunggal, untuk menuju kesana harus sudah yang berpengalaman mengendarai mobil/motor ya, soalnya jalanannya masih terjal. Kendaraan paling besar yang bisa masuk hanya ELF. 


9. Pantai Siung
Letak pantai ini berada di sisi timur Gunungkidul, sekitar 45 menit dari Pantai Indrayanti. Pantainya eksotik, banyak karang-karang tinggi yang menjulang di sepanjang bibir pantai. Pada musim-musim tertentu, kawasan pantai ini sering diadakan kegiatan panjat tebing berkelas internasional. Soal view, sudah tidak diragukan lagi.





10. Pantai Sepanjang
Nama Sepanjang berasal dari penduduk sekitar yang menganggap bahwa garis pantai ini yang paling panjang diantara pantai-pantai yang ada di Gunungkidul. Kombinasi antara hamparan pasir putih dan bukit-bukit karang yang menjulang tinggi, membuat pantai ini memiliki keunikannya tersendiri. Masih banyak dijumpai tanaman mangrove yang alami di pantai ini. Pengelolanya pun masih masyarakat sekitar, artinya pantai ini masih benar-benar alami.