Beranda » Adventure » Taman Sungai Mudal, Ekowisata Taman Air Nan Eksotis Kulonprogo

Taman Sungai Mudal-Halo traveler sejati, pernahkah kamu bermain air di taman yang masih asri, tentunya yang terdengar kicauan burung dan sepoi-sepoi angin? Karena liburan dengan jauh dari hiruk pikuk kendaraan hingga keramaian kesibukan orang-orang dapat memberikan imun positif terhadap jiwa dan raga bukan? Jikalau teman-teman sekalian belum pernah merasakan nuansa itu, patutlah kita sempatkan jalan-jalan ke Kulonprogo, Jogjakarta. Tepatnya di ekowisata alam air terjun Taman Sungai Mudal, terletak di perbatasan Pegunungan Gunungkelir dan Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulonprogo, Yogyakarta.

Air terjun berundak, Taman Sungai Mudal

Ekowisata Taman Sungai Mudal

Bukan sembarang berwisata, namun Taman Sungai Mudal memberikan sisi edukatif terhadap pengunjung yang datang. Adalah kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan, menjunjung tinggi konservasi hingga memberdayakan masyarakat sekitar. Itulah yang diterapkan pengelola dengan bekerjasama berbagai pihak dari swasta ataupun pemerintah. Seperti terdapat museum anggrek, tempat camping, meeting room, taman pohon yang terdapat nama ilmiah, monumen, asuransi, dan guide handal.

Taman anggrek sendiri bekerjasama dengan kampus UGM untuk menambah wawasan pengunjung dan tempat uji lapangan bagi mahasiswa gratis. Lalu camping ground, biasa digunakan oleh pelajar atau pengunjung, hanya dengan membayar 15 ribu per malam. Guide dan penglola adalah penduduk sekitar, sistem gotong royong membuat pengelolaan berjalan baik, bahkan jumlah pengelola sudah mencapai 75 orang.

Wahana Eksotis

Dikenal juga karena air terjun berundak, menghasilkan kolam alami yang berjumlah 3 buah dapat digunakan untuk berenang. Tenang saja, air akan terus alami terjaga kesegarannya karena aliran mata air yang mengalir tak hentinya. Bagian kolam paling atas, lebih terasa rindang karena disekitar kolam terdapat pohon-pohon, menambah suasana nan eksotis. Tiap kolam juga mempunyai kedalaman berbeda, jadi sebelum berenang harap membaca petunjuk yang tertera. Bagi yang belum bisa berenang, pengelola menyediakan ban (Gratis) dan jaket pelampung (Rp10.000).

Keceriaan pengunjung menikmati wahana air alami

Warna air jernih kehijauan memberikan suasana sejuk mengiringi setiap langkah pengunjung karena cipratannya. Juga terdapat wahana flying fox (Rp 10.000) untuk mencoba adrenalin anda. Dibagian paling atas air terjun, terdapat Tebing Watu Wayang, bentuknya menyerupai kelir wayang yang dapat menampung hingga 100 orang untuk berteduh. Tak jarang pengunjung dapat menikmati kehidupan kelelawar yang bergantung didinding gua, karena keasrian yang masih terjaga.

Pecinta kuliner pun akan dimanjakan oleh hidangan disana karena dusediakan warung-warung nuansa vintage pedesaan. Dapat dinikmati setelah bermain air diatas, dengan memesan berbagai menu yang memberikan rasa hangat dalam tubuh. Jangan khawatir tentang harga, karena pengelola telah menghimbau bagi warga yang menjajakan dagangan disana agar memberikan harga yang relatif murah.

Gardu pandang salah satu fasilitas yang disediakan pengelola

Untuk OTS (ongkos tiket masuk) pengunjung hanya membayar Rp 4000 dan parkir motor Rp 2000 dan mobil Rp 5000. Oiya guys tetap menjaga keasrian wisata setempat ya, agar wisata tetap dapat dinikmati generasi mendatang. STOP buang sampah sembarangan, sopan santun dengan pengelola dan warga sekitar wajib diterapkan.

Semua terangkum dalam paket wisata di JogjaWisata, bersama guide professional nan kece tentunya perjalan teman-teman nyaman terkendali. Info lebih lanjut bisa klik dan kontak link dibawah ini guys, Lets rock trip !!

Be Your Holiday Partner

TAGS

 

Air Terjun Taman Sungai Mudal, Air Terjun Kulonprogo, Wisata Kulonprogo, Paket wisata, Keraton JOgja, merapi, parangtritis, info menarik JOgja, lokasi keraton, wisata indonesia, alasan kamu kangen jogja, jogja wisata, bhinneka tour, paket one day trip, kuliner hits jogja, jalan-jalan jogja, makanan khas jogja, jogja istimewa, liburan ala mahasiswa, pantai gunungkidul, air terjun kulonprogo, desa wisata jogja, kaliurang, sleman, malioboro, tugu jogja, gudeg, angkringan, sewa mobil jogja, keliling jogja

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.