Kesegaran Pemandian Alami Air 3 Warna Wisata Kedung Pedut Kulonprogo

Posted on
Kesegaran Pemandian Alami Air 3 Warna Wisata Kedung Pedut Kulonprogo
5 (100%) 2 votes

Kedung Pedut-Pernah jalan-jalan ke Kulonprogo, Jogjakarta? Selain ke wisata seperti Waduk Sermo, Kebun Teh Dlingo, pernah juga berkunjung ke wisata air Kedung Pedut? Yup, kali ini kita akan membahas keunikan air terjun dan pemandian alami air terjun ini. Disana kamu akan melihat panorama langka yang terjadi disana, ialah air yang mempunyai 3 warna. Selain itu tentunya masih banyak lagi, check it out.

Kesegaran Pemandian Alami Air 3 Warna Wisata Kedung Pedut Kulonprogo
Keasrian masih terjaga, tak jarang pengunjung melihat air berubah warna (image source)

Sebelum itu, tahu kah kamu arti Kedung Pedut? Dalam bahasa jawa, masyarakat mengartikannya Kedung yaitu kolam, dan pedut berarti kabut. Dari gabungan kata menjadi kolam berkabut, kamu dapat menyaksikan aliran air berwarna putih seperti kabut. Wisata Kedung Pedut Terletak di dusun Kembang, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Mulai dibuka untuk umum pada tahun 2014 dan diresmikan bersama 15 februai 2015. Jumlah pengunjung pada hari libur dan weekend mencapai 600-700 pengunjung, bahkan sampai 1000 pengunjung.

Air 3 Warna Kedung Pedut

Banyak pilihan untuk mandi karena lebih dari 6 kedung dengan kapasitas mandi masing-masing yaitu Kedung Merak, Kedung Merang, Kedung Lanang, Kedung Wedok dan Kedung Anyes dengan kedalam 1 hingga 4 meter. Keunikan warna air yang berubah, ketikapagi berwarna biru, siang kehijauan, dan sore agak kecoklatan, tak jarang pengunjung dapat melihat warna dari bias air terjun.  Tentunya itu adalah warna pelangi mini yang disaksikan lebih dekat secara langsung.

Keasrian Kedung Pedut

Jembatan bambu serta gardu pandang menambah suasana keasrian pedesaan, pengelola menambahkan beberapa gardu beratapkan ijuk. Berbagai fasilitas memang tak mengubah total konsep alam, karena memang menjaga khasnya wilayah Kedung Pedut. Ada lagi lho keseruannya,  spot pendukung yaitu fliying fox, water canyon air terjun ketinggian 15m, spot foto dan camping. Harga fasilitas sewa pelampung Rp 5000, water canyoning Rp 3000, fliying fox Rp 15000, spot foto Rp 10.000 dan tenda dom Rp 60.000 isi 8 orang.

Kesegaran Pemandian Alami Air 3 Warna Wisata Kedung Pedut Kulonprogo
Wahana Flying Fox disewakan memacu adrenalin

Unik

Derasnya aliran air tidak pernah surut pada musim apapun, jadi kamu bebas datang pada hari apapun, kecuali sedang hujan. Karena volume air akan naik, serta aliran semakin deras, bahaya untuk pengunjung yang bermain air. Meskipun begitu tak pernah ada istilah tanah longsor, karena rimbunnya pepohonan dengan ornamen batuan stalaktit dan andesit.

Salah satu kepedulian masyarakat / pengelola adalah tiap periode tertentu pengelola menanam 200 bibit pohon disekitar lingkungan Kedung Pedut. Kepengelolaan tetap mayoritas penduduk lokal yang berjumlah 20-25, namun jika pengunjung ramai biasanya masyarakat sekitar ikut membantu.

Kesegaran Pemandian Alami Air 3 Warna Wisata Kedung Pedut Kulonprogo
Gardu pandang, spot selfie

Tips

Karena track yang dilewati masih  beralaskan tanah, diharapkan pengunjung menggunakan alas kaki yang tidak licin. Bagi yang ingin camping diharapkan maksimal 15-20 orang karena lahan camping disekitar air terjun tidak luas. Tenda untuk camping berada ditempat yang berbeda-beda, satu lokasi berdekatan namun mempunyai ketinggian yang berbeda dan hanya bisa ditempati 2-3 tenda.

Bagi kamu yang ingin menjelajahi Jogja lebih dalam bisa bergabung bersama JogjaWisata. Selain tourguide yang professional nan kece teman-teman akan diberikan informatif tentang obyek wisata. Lets rock guys!! Check link

-Be Your Holiday Partner-

TAGS

Kulonprogo, Kedung Kedut, Wisata susur gua, Gua Kiskendo, wisata kulonprogo, wisata sejarah, wisata pewayangan, wisata keluarga, Kuliner Jogja, Jogja Wisata, Wisata Kuliner, Gudeg Yu Djum, Mie Ayam Tumini, Soto Ayam, Paket Tour GUnungkidul, Pantai Wediombo, Pantai Gunungkidul, Air Terjun Taman Sungai Mudal, Air Terjun Kulonprogo, Wisata Kulonprogo, Paket wisata, Keraton JOgja, merapi, parangtritis, info menarik JOgja, lokasi keraton, wisata indonesia, alasan kamu kangen jogja, jogja wisata, bhinneka tour, paket one day trip, kuliner hits jogja, jalan-jalan jogja, makanan khas jogja, jogja istimewa, liburan ala mahasiswa, pantai gunungkidul, air terjun kulonprogo, desa wisata jogja, kaliurang, sleman, malioboro, tugu jogja, gudeg, angkringan, sewa mobil jogja, keliling jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *