Gua Kiskendo, Kemagahan Ukiran Sejarah Ramayana dan Wisata Keluarga

Posted on
Gua Kiskendo, Kemagahan Ukiran Sejarah Ramayana dan Wisata Keluarga
5 (100%) 2 votes

Gua Kiskendo-Kota Jogjakarta, beragam wisata didalamnya dari mulai alamnya indah serta kuatnya sejarah pewayangan hingga kemerdekaan. Itulah mengapa Jogja itu Istimewa, orangnya dan tempatnya. Jika kamu punya agenda berwisata ke Jogja bersama keluarga, perlu ada sisi edukatif dan pengalaman menarik bukan? Itu semua dengan tujuan mengasah experience dalam mengolah informasi yang dilihat. Semua itu ada di Gua Kiskendo, Jatimulyo kecamatan Girimulyo, kabupaten Kulonprogo, Jogjakarta.

Tahu kah kamu, bahwa dalam cerita Ramayana, Kiskendo itu adalah sebuah kerajaan diperbatasan Purwerejo dan Kulonprogo. Tepatnya kerajaan pada masa kekuasaan Mahesasura dan Lembu Sura di jaman Ramayana. Dalam cerita pewayangan mereka adalah manusia raksasa berbentuk kepala kerbau dan sapi.

Gua Kiskendo, Kemagahan Ukiran Sejarah Ramayana dan Wisata Keluarga
Jalan setapak Gua Kiskendo (image source)

Sejarah Gua Kiskendo

Dalam cerita pewayangan, dahulu negeri Kahyangan mengadakan sayembara untuk mengalahkan Mahesasura, akan mendapatkan imbalan. Jika itu laki-laki maka dijadikan suami Dewi Torokasih. Dari sayembara tersebut datanglah dua manusia kera bernama Subali dan Sugriwo. Subali maju untuk menghadapi Mahesasuro di Gua Kiskendo dan menitipkan pesan. Jika pada aliran sungai bercampur warna putih maka Subali kalah, tapi jika darah merah keluar Mahesasura yang mati.

Namun, pada saat aliran air tersebut keluar Sugriwo melihat warna putih bercampur darah merah, dan menganggap keduanya mati. Pintu yang menghubungkan dunia dan Kiskendo dijaga Sugriwo ditutup. Lalu melaporkan ke kahyangan dan Sugriwo dijogdohkan dengan Dewi Torokasih.

Ternyata darah merah dan putih tersebut adalah darah Mahesa Sura dan Lembu Sura, dan Subali masih hidup keluar dari Gua tersebut dengan ajian Pancasona. Mendengar berita penjodohan tersebut, terjadi pertarungan hebat antara Subali dan Sugriwo. Kekalahan menimpa Subali karena Praburomo menjatuhkan anak panah atas permintaan Sugriwo.

Fasilitas Gua Kiskendo

Luas keseluruhan halaman Gua Kiskendo yaitu melebihi 4 hektare, diurus oleh tiga orang, namun jika pengunjung ramai pemuda membantu kepengurusan. Terdapat pemandu dihari-hari biasa hanya satu orang yaitu juru kunci Bapak Hadi Slamet. Fasilitas parkir untuk mobil terdapat di pintu utama loket masuk dan di gerbang selatan. Toilet umum terdapat di dekat kios toko 2 buah dan Mushalla 2 buah. Terdapat lebih dari 10 kotak sampah titik istirahat pengunjung.

Gua Kiskendo, Kemagahan Ukiran Sejarah Ramayana dan Wisata Keluarga
Salah satu taman bermain anak-anak

Terdapat dua titik taman bermain untuk anak-anak diawal pintu masuk dan sebelah selatan dekat tulisan utama Gua Kiskendo. Gua Kiskendo sendiri dalamnya mencapai lebih dari 1,5 km, namun yang dibentuk jalan setapak panjangnya 700m. Komponen dari Gua Kiskendo terdapat Stalaktit dan Stalaknit yang masih asri berisi endapan air, kamu dapat merasakan keasriannya.

Gua Kiskendo, Kemagahan Ukiran Sejarah Ramayana dan Wisata Keluarga
Teater pertunjukan pada event tertentu, juga dapat disewakan

Uniknya Gua Kiskendo

Tahu kah kamu bahwa ukiran pahatan cerita pewayangan di dinding bahkan disebuah bebatuan bukit sudah berumur lebih dari 30 tahun. Dengan ilustrator Dosen ASRI (sekarang ISI) Pak Doni, dan dipahat oleh Bapak Sujatmoko Kiyai dari Banguntapan. Suasana gua yang sejuk menurut penduduk setempat mempunyai arti khusus yang menenangkan jiwa, karena kesejukan dan bentuk bebatuan yang unik. Susur Goa telah terdapat penerangan dengan jalan setapak dan dibangun jembatan kecil didalamnya.

Gua Kiskendo, Kemagahan Ukiran Sejarah Ramayana dan Wisata Keluarga
Batu Stalagtit Stalagmit masih asri (image source)

Harga tiket masuk Rp 5.000,

parkir motor Rp 2.000,

parkir mobil Rp, 5.000

parkir bis Rp, 10.000.

Bagi kamu yang ingin menjelajahi Jogja lebih dalam bisa bergabung bersama JogjaWisata. Selain tourguide yang professional nan kece teman-teman akan diberikan informatif tentang obyek wisata. Lets rock guys!! Check link

-Be Your Holiday Partner-

TAGS

Wisata susur gua, Gua Kiskendo, wisata kulonprogo, wisata sejarah, wisata pewayangan, wisata keluarga, Kuliner Jogja, Jogja Wisata, Wisata Kuliner, Gudeg Yu Djum, Mie Ayam Tumini, Soto Ayam, Paket Tour GUnungkidul, Pantai Wediombo, Pantai Gunungkidul, Air Terjun Taman Sungai Mudal, Air Terjun Kulonprogo, Wisata Kulonprogo, Paket wisata, Keraton JOgja, merapi, parangtritis, info menarik JOgja, lokasi keraton, wisata indonesia, alasan kamu kangen jogja, jogja wisata, bhinneka tour, paket one day trip, kuliner hits jogja, jalan-jalan jogja, makanan khas jogja, jogja istimewa, liburan ala mahasiswa, pantai gunungkidul, air terjun kulonprogo, desa wisata jogja, kaliurang, sleman, malioboro, tugu jogja, gudeg, angkringan, sewa mobil jogja, keliling jogja

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *