Informasi Menarik Keraton Yogyakarta Yang Patut Kamu Ketahui

By | 02/08/2017

 

Keraton Jogja-Hai teman-teman traveler dimana pun kamu berada, kali ini kita akan mengulas informasi menarik yang patut kamu simak dengan suasana nyaman. So, siapkan hidangan mendukung mood kamu agar bisa fokus ya guys. Adalah Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat atau Keraton Yogyakarta yang menjadi salah satu ikonik Kota Yogyakarta hingga saat ini. Sampai detik ini pun walau talah menjadi tempat wisata, namun Kraton tetap menjadi tempat tinggal Sultan dan Keluarga.

Jika kamu pernah berkunjung ke Keraton, hampir tidak pernah sepi pengunjung bukan? Setiap hari ratusan bahkan ribuan pengunjung saat weekend dan hari libur terus berdatangan. Dari mulai wisatawan lokal hingga mancanegara, dari anak TK hingga Proffesor pun jatuh cinta pada Keraton untuk datang.

Informasi Menarik Keraton Yogyakarta Yang Patut Kamu Ketahui

Raden Saleh, ialah pelukis yang diberikan keistimewaan melukis Keluarga Keraton Yogyakarta

Disini kami akan memberikan ulasan fakta dan mitos tentang Keraton Jogja yang patut kamu simak, okey cukup intronya. Kuy kita simak informasi berikut ini:

Keraton Yogyakarta

Lokasi Keraton

Keraton Yogyakarta berlokasi di pusat kota Yogyakarta, Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Keraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagian halaman depan Keraton terdapat Alun-alun Utara dan bagian halaman belakang Keraton terdapat Alun-alun Selatan Yogyakarta.

Informasi Menarik Keraton Yogyakarta Yang Patut Kamu Ketahui

Lokasi Keraton sejajar garis lurus (image source)

Keraton Yogyakarta berada di antara Gunung Merapi bagian Utara dan Laut Selatan (Parangtritis) bagian Selatan. Lalu berada di dua sungai, Sungai Code di Timur dan Sungai Winongo di Barat. Percaya atau tidak bahwa jarak  Merapi ke Kraton dan Keraton ke Pantai Parangtritis 25 km. Jika di logika, pada zaman pembuatannya belum lah ada alat ukur yang canggih seperti saat ini.

Bathok Bulus

Keraton Yogyakarta dibangun oleh Pangeran Mangkubumi pada tahun 1755 , beberapa saat setelah penandatanganan Perjanjian Giyanti. Permukaan Keraton dibangun lebih tinggi dari permukaan tanah disekitarnya. Itulah mengapa hingga saat ini wilayah sekitar Kraton tidak akan tergenang air.

Masyarakat menyebutnya sebagai bathok bulus yang berarti cangkang kura-kura yang melindungi dari genangan air atau hujan lebat. Sejarahnya hingga saat ini belum pernah digenangi air.

Nyi Roro Kidul

Mitos yang beredar mengungkapkan bahwa dahulu sejak Sultan HB I hingga Sultan HB X dapat berkomunikasi langsung dengan Nyi Roro Kidul. Saat akan ada perayaan adat kebudayaan ada istilah meminta doa restu Nyi Roro Kidul, bahkan tiap harinya ada interaksi keduanya.

Ada sebuah bangunan di komple Taman Sari, dimana mitos tersebut dikaitkan dengan Istana Bawah Air tersebut. Dengan jarak sekitar 1 km dari Keraton terdapat Sumur Gumuling. Disanalah tempat yang diyakini media penghubung antara Sultan dan Nyi Roro Kidul, bahkan bertemu langsung.

Kesetiaan Abdi Dalem

Berbicara mengenai Keraton tak lengkap jika tidak mengulas informasi tentang Abdi Dalem Keraton. Orang yang setia mengabdi kepada Keraton dan Keluarga Sulta ialah Abdi Dalem. Tak ada lowongan khusus yang dibuka pihak Keraton, masyarakat yang secara sukarela mengabdi kepada Kraton menjadi Abdi Dalem.

Informasi Menarik Keraton Yogyakarta Yang Patut Kamu Ketahui

Keramah tamahan Abdi Dalem

Dilansir dari liputan6.com, bahwa “Syaratnya apa, syaratnya cuma satu berkelakuan baik atau punya tata krama yang baik, duduk di bawah bisa bersila,” ujar Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Yudahadiningrat, Wakil Penghageng Tepas Tandayekti. Di Keraton terdapat dua jenis Abdi Dalem yaitu, Abdi Dalem Keprajan (berasal dari pegawai pemerintah) dan Punakawan (bertugas di dalam Keraton).

Siti Hinggil

Atau masyarakat mengartikannya sebagai Tanah Tinggi. Berada di dalam kompleks Keraton, yaitu terdapat di Lor (utara) dan Kidul (Selatan). Fungsinya yaitu dahulu digunakan oleh Sultan untuk menyaksikan para Prajurit melakukan gladi bersih upacara Gerebeg. Selain itu dahulu juga guna menyaksikan pertunjukan laga antara manusia dengan macan.

Saat ini digunakan untuk upacara resmi Kerajaan. Lalu menjadi awal proses perjalanan upacara Pemakaman Sultan yang akan dikebumikan di Makam Imogiri.

Informasi Menarik Keraton Yogyakarta Yang Patut Kamu Ketahui

Patung Sultan HB IX yang diabadikan

Okey, itu dia beberapa ulasan dari sebagian kecil keunikan, khas, menarik, dari Keraton Yogyakarta. Data tersebut diulas dari berbagai sumber, yang diharapkan teman-teman dari penghujung dunia mempunyai minat untuk menghargai sejarah dan dipahami.

Terakhir, mari cintai pariwisata dalam negeri dengan ikut menjaga keasriannya. Stop buang sampah sembarangan, jaga sopan santun berkunjung dan nikmati perjalanan. Ingin membuat momen berharga bersama keluarga, teman, pasangan yuk ikut trip bersama Jogjawisata. Informasi lebih lanjut dapat cek link dibawah ini ya guys, lets rock be great moment!!

Be Your Holiday Partner

TAGS

Keraton JOgja, merapi, parangtritis, info menarik JOgja, lokasi keraton, wisata indonesia, alasan kamu kangen jogja, jogja wisata, bhinneka tour, paket one day trip, kuliner hits jogja, jalan-jalan jogja, makanan khas jogja, jogja istimewa, liburan ala mahasiswa, pantai gunungkidul, air terjun kulonprogo, desa wisata jogja, kaliurang, sleman, malioboro, tugu jogja, gudeg, angkringan, sewa mobil jogja, keliling jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *