Wisata Edukasi Jogja, Mengeksplor Museum Dirgantara Mandala

By | 27/07/2017

Wisata edukasi Jogja, menyimpan berbagai sisi keilmuan didalamnya terutama salah satu tempat destinasi wisata yang tak pernah sepi oleh rasa haus akan ilmu kedirgantaan masyarakat Indonesia pada umumnya. Ialah Museum Dirgantara Mandala yang mempunyai daya tarik wisata yang berisi alutsista ranah udara. Berletak di lokasi yang tak jauh dari pusat kota, hanya berjarak kurang lebih 300m dari jembatan Janti, tepatnya di daerah Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Apa saja daya tarik Museum Dirgantara Mandala, mari kita ulas bersama-sama diantaranya;

Wisata Edukasi Jogja Terlengkap Koleksi Pesawat

Koleksi Aviasi yang lengkap diantaranya 38 koleksi pesawat yang tiap periodenya terus ditambah dari ukuran terbesar seperti Dakota VT-CLA dari perusahaan India hingga pesawat jenis pesawat ampibi UF 1 Albatros, pesawat tempur taktis A-4 Sky Haw, dan Mustang. Koleksi lebih dari 1000 buah peralatan dan perlengkapan perang TNI AU serta dari sumbangan negara sahabat, koleksi foto penting peristiwa kedirgantaraan berjumlah lebih dari 1000 buah, dan 9 ruangan berbeda dalam mengeksplor keingintahuan pengunjung. Koleksi pesawat berasal dari berbagai negara, bahkan dinegara asalnya pesawat tersebut hanya ditemukan di Museum TNI AU Dirgantara Mandala. Museum Dirgantara Mandala menyimpan benda-benda koleksi yang sebagian besar berupa pesawat terbang yang pernah digunakan TNI AU.

 

Wisata Edukasi Jogja Interaktif

Terdapat ruang di Museum Dirgantara Mandala yang memperbolehkan pengunjungnya berinteraksi langsung dengan Aviasi Alutsista koleksi museum. Bagi yang ingin merasakan sensasi menerbangkan pesawat terdapat ruang simulator pesawat P-51 Mustang. Salah satu ruangan terbesar museum terdapat koleksi yang diperuntukan hanya koleksi pesawat-pesawat dan berbagai koleksi alutsista penerbangan. Disana ada pesawat yang diperbolehkan untuk diperbunakan pengunjung berinteraksi langsung. Wisatawan juga dapat menyewa baju-baju pilot dan TNI AU sebagai keang-kenangan untuk berfoto ria.

Wisata Edukasi Jogja, Mengeksplor Museum Dirgantara Mandala

Wisata edukasi jogja | Salah satu pesawat unggulan yang dipamerkan di halaman Museum

Wisata Edukasi Jogja Murah

Hanya membayar tiket Rp. 3000 untuk tiap pengunjung, dapat menikmati wisata edukasi di Museum Dirgantara Mandala diseluruh ruangan hingga dihalaman. Bagi pengendara sepeda motor atau mobil pribadi diawal gerbang akan dimintai untuk menitipkan kartu identitas kepada petugas sebagai standar peraturan memasuki kawasan TNI AU. Kapasitas parkir yang sangat luas dapat menampung hingga 40 bis besar bagi yang ingin merencanakan berkunjung bersama kelompok wisata. Fasilitas umum yang disediakan juga lengkap karena tersedia tempat Ibadah seperti Masjid, Gereja, dan Pura dilingkungan Museum. Tak perlu khawatir tentang toilet, karena pihak museum menyediakan 10 toilet. Berbagai warung oleh-oleh dan jajanan yang dapat mengisi kekosongan perut anda. Setiap harinya pengunjung akan dipandu oleh guide dari TNI AU yang berpengalaman berjumlah 2-4 orang tergantung kapasitas pengunjung.

Wisata Edukasi Jogja, Mengeksplor Museum Dirgantara Mandala

wisata edukasi jogja | Sensasi merasakan simulator Pesawat Mustang

Operasi museum dibuka setiap hari, mulai pukul 8 pagi hingga petang, namun untuk kesekretariatan hanya dibuka Senin hingga Jumat dikarenakan jam kerja, dan penjagaan museum sebagai jadwal piket rutin.

UNTUK PAKET WISATA, dapat diakses langsung link dibawah ini ya, info lebih lanjut bisa klik kontak yang tersedia. Jelajah jogja tetap di Jogjawisatatour.com

-Be Your Holiday Partner-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *